namebench 1.3.1 - Mencari DNS yang pas buat modemmu

Written By Hanif Aghar on Rabu, 11 April 2012 | 8:50 PM



Bermula dari teman saya yang mengeluhkan modemnya pusing tujuh keliling alias "lemot". Saya menganalisa mungkin ada yang bermasalah pada setingan DNS-nya.

Sebelum saya posting artikel ini saya mencoba tehnik ini, karena saya merasa modem EVDO saya tidak bermasalah ... eehh ternyata saya salah sangka.

Modem : SMART EVDO AC-2726
DNS : 8.8.8.8 (punya google)
Alternative DNS : 202.70.52.79 (punya smart)



Ternyata ??? masih ada yang lebih baik lagi dari settingan DNS saya tersebut caranya gimana ?" tenang .. nih caranya. Download program : Namebench, yang bikin mbah Google

Download namebench 1.3.1 di sini =>  Namebench-1.3.1.

Setelah download install pada komputer dan jalankan. maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah, klik start



Sebelumnya pastikan kondisi jaringan normal sehingga kondisinya fair enough untuk menjalankan several tests.
Tunggu sekitar 1 batang rokok 234 sampai habis pasti dah selesai tuh Namebench untuk menyeleksi DNS yang optimal buat modemmu dan akan menggenerate file HTML yg berisi data CSV yang bisa dibuka di Excel, graph, dan DNS rank yg direkomendasikan tersebut.



Lalu gunakan DNS yang terbaik, tinggal buka settingan modem, masukkan DNS baru, kemudian klik apply, baru re-connect modem.



Test dengan speedtest di http://www.speedtest.net/
Apa yang terjadi ? sesuatu yang belum pernah terbayangkan ... hingga tak bisa berkata-kata lagi ..




MANTAF COY !!!

Tips:
  • Semakin kecil jumlah Ping Avg(ms) yang ditampilkan, semakin kuat dan cepat koneksi DNS server, dan layak dijadikan primary DNS untuk komputer kamu. Sebagai catatan, program ini tidak berjalan di komputer, untuk mengulangnya cukup jalankan kembali program ini.
  • Bandingkan terlebih dahulu antara DNS server yang biasa kamu gunakan dengan DNS servers yang disarankan oleh namebench, silahkan kamu lakukan ping pada kedua DNS tersebut, mana yang lebih cepat berarti itu yang lebih baik. Jika DNS server yang biasa kamu pakai ternyata lebih cepat, berarti lebih baik memakai DNS yang lama, tapi jika DNS server yang di sarankan lebih cepat, tidak ada salahnya untuk dipergunakan.
  • Kalau pas diinstal keluar peringatan error " namebench could not be executed.. "silahkan unduh Microsoft Visual C++ 2008 SP1 Redistributable Package (x86) di sini => http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?id=5582&WT.mc_id=MSCOM_EN_US_DLC_DETAILS_121LSUS007998
  • Nah ini satu yang terpenting ! Trik buat modemmu gak pernah mode Idle : cukup klik Start => Run => ketik : ping -t |1 => Ok 

Sekian Dulu Tips & Trik nya Selamat Mencobanya ya...Jngan Lupa Like Blog nya...Terima Kasih...!!!! ^_^

Baca Juga yang ini Sob...:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar, Kritik dan Saran Anda di Sini. Namun saya Mohon untuk tidak menggunakan komentar spam dan berkomentarlah yang sopan. Link aktif dari sumber lain yang ditulis pada kotak komentar akan saya Hapus. Terima kasih..

 
berita unik