Perbedaan Menjiplak dan Meng-Copas di Blogger

Written By Hanif Aghar on Minggu, 29 Juli 2012 | 6:15 AM

Wah sudah lama rasanya tidak memposting Artikel. Pada saat sedang Blogwalking saya menemukan Artikel menarik yang sedang membahas mengenai Menjiplak & Meng-Copas. Artikel ini Bersumber dari http://arfahhusaifah.com/2010/01/08/blogger-plagiator-silahkan-copy-paste-artikel-blog-ini/
Isinya Kurang Lebih Seperti di Bawah ini :

Blogger Plagiator: Silahkan Copy Paste Artikel di Blog ini

Copy Paste(copas) artikel dari sebuah blog saat ini merupakan fenomena yang tidak bisa kita hindari. Tidak sedikit blogger yang kesal jika artikelnya di-copy paste oleh blogger lain, dimana blogger peng-copy paste itu mengklaim bahwa artikel tersebut adalah miliknya. Karena itu, dalam artikel ini, saya bermaksud membahas sedikit masalah copy paste artikel ini sesuai dengan pendapat pribadi saya. :D

Tapi sebelumnya, saya ingin menjelaskan dulu perbedaan antara “kutipan” dengan “jiplakan” yang sering dicap sebagai plagiator. Luqman Haqani dalam bukunya, Mengatasi 25 Hambatan Menulis menjelaskan perbedaan dua kata tersebut. Beliau menuliskan; Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat seseorang yang terkenal, baik yang terdapat dalam buku, surat kabar, majalah atau media elektronika yang fungsinya sebagai bukti atau memperkuat pendapat penulis. Bedanya dengan jiplakan, kalau jiplakan adalah mengambil pendapat orang lain tanpa menyebut sumbernya sehingga dianggapnya pendapat diri sendiri. Penjiplak sering disebut sebagai plagiator”. Nah blogger plagiator inilah yang banyak membuat blogger lainnya kesal.


Sedangkan menurut pendapat saya, blogger plagiator juga sebenarnya tidak buruk-buruk amat. Karena faktanya, sebagian besar blogger plagiator itu adalah blogger pemula(Newbie). Yang tidak sedikit masih jauh dari sikap bijak dalam ngeblog. Kalau dengan aktifitas menjiplaknya itu bisa menjadi pembuka jalan bagi dia untuk terjun ke dunia blogging dan tulis menulis, tentu hal ini merupakan perkara yang positif bukan. Toh, seiring dengan waktu, dan semakin aktifnya blogger plagiator itu di dunia blogging dan tulis menulis, dia sendiri akan menemukan kenyataan bahwa ternyata sikap bijak dan santun dalam ngeblog adalah hal yang sangat mahal harganya untuk membangun kredibilitas. Dan aktifitas plagiat merupakan sikap yang kurang terpuji.

Selain itu, ilmu yang terkandung dalam sebuah tulisan atau artikel, merupakan warisan yang sangat berharga. Sebagai seorang muslim, yang beriman terhadap Hari Akhir dan Para Malaikat Pencatat segala Amal, kita tidak perlu khawatir jika artikel kita dijiplak oleh orang lain. Toh, Allah Rabb Semesta Alam Maha Mengetahui. Bukankah ilmu yang bermanfaat merupakan amal jariyah yang pahalanya akan terus mengalir walau kita sudah masuk ke liang lahat dan menjadi tanah?Wallahu ‘alam.

Pada Akhirnya, bagi Anda blogger pemula yang masih menghadapi kendala dalam hal produktifitas, kreatifitas dan kemampuan menulis, jangan ragu untuk menjiplak artikel yang bertebaran di dunia blogging yang sangat luas ini.
Termasuk blog ini tentunya. Jika artikel yang ada diblog ini bermanfaat bagi Anda, Blogger Plagiator: Silahkan Copy Paste Artikel Blog Ini. Saya Ikhlas dan Ridha :D Semoga Anda mendapatkan kebaikan dari artikel-artikel saya. Keep fighting and Action!


Nah kira-kira semacam itulah, saya Pribadi juga setuju sama mas Yang menuliskan artikel diatas. 

Apabila artikel yang di copas itu telah di edit oleh yang meng-copas, ini boleh-boleh saja, karena semua blogger mempunyai referensi yang berbeda. Dan yang meng-copas juga gak buruk-buruk amat karena sudah dibaca dan munkin juga sudah di coba bahkan memberi sentuhan lain dan berhasil pula.
sebenarnya yang diminta dari Blogger Korban Copy paste? dan yang saya  tahu bahwa kode etik blogger, hanya dimana harus mencantumkan sumber asli dari artikel. mungkin itu saja.
Okeh Sobat mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga sukses dan terus berjuang untuk memajukan ilmu ngeblog.


Baca Juga yang ini Sob...:

14 komentar:

  1. kalo punya say,a saya pasangi script anti copas..hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. peliiiiiiiittttttttttttt........

      Hapus
    2. Hmm Betul mass.., Setidaknya bisa Mencegah Agar tidak di Copas, hehehehe... :)

      Sebenarnya saya Juga pengen masang Script Anti-Copas, Tapi nanti Tutorialnya Jadi tidak bisa di Praktekan... Ya ikhlas saja dan semoga yang Copas Cepat sadar... hehehe :)

      Hapus
  2. nice share sob :D
    sambil isi absen pagi sob.....

    BalasHapus
  3. Apapun namanya yang penting semangat memposting...........!!!
    Heheheheeee.....

    BalasHapus
  4. @Zlems Creative : Siip" Thanks Sobat... :)

    @Tini : Yoi "Semangat".. Thanks mampir lagi ya! :)

    BalasHapus
  5. Kalau menurut saya, etikanya boleh meng-copy paste asal ada link sumbernya apalagi kalau sekalian promoin sumber tulisannya.
    tapi kalau ada yg copy lalu mengklaim nah ini yg harus di beri peringatan agar tidak keterusan. gak baik buat dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm Bener banget kang... Memang kalau yang Copas Trus mengklaim jadi Seolah" hasil dirinya Sendiri itu harus diperingati agar tidak keterusan dan Gak baik juga buat dirinya mengembangkan Kekreativannya.. :)

      Hapus
  6. Berkunjung lagi. Udah pulang tarawih belom???

    BalasHapus
  7. Disinilah kita butuhkan rasa saling menghargai sesama blogger, bagi yang copas perlu menghargai konten asli dengan mencantumkan sumbernya dan yang pemilik konten mungkin jangan terlalu sadistis dengan memberikan judgement dengan sebutan "maling", "pencuri" atau sebutan lain yang merendahkan sebab perlu kita sadari dengan konten kita di jadikan sumber tulisan berarti konten kita memiliki nilai jual yang baik dimata blogger yang lainnya,,,,

    BalasHapus
  8. klo copas trus di edit, bagaimana penulisan refrensinya? apa tetap pkai url si korban copas?

    BalasHapus
  9. Terimakasih,sangat menginspirasi sekali,membuat sebuah tulisan yang benar-benar hasil karya ilmiah kita memang sangat sulit sekali,maka dari itu,inspirasi yang yang paling mudah di dapat adalah dengan membaca dan melihat hasil karya orang lain.

    BalasHapus

Silahkan Tulis Komentar, Kritik dan Saran Anda di Sini. Namun saya Mohon untuk tidak menggunakan komentar spam dan berkomentarlah yang sopan. Link aktif dari sumber lain yang ditulis pada kotak komentar akan saya Hapus. Terima kasih..

 
berita unik