Permasalahan Pada Keyboard.

Written By Hanif Aghar on Selasa, 12 Juni 2012 | 9:25 AM

Pagi Sobat... kali ini saya akan membahas mengenai Permasalahan pada Keyboard. Apa artinya sebuah PC, tanpa menggunakan keyboard. walaupun kecil dan harganya lebih murah dibanding dengan komponen PC lainnya, tetapi yang satu ini merupakan peripheral yang sangat penting dalam mengoperasikan komputer. pernahkah Sobat mengalami sedang enak-enaknya mengetik tiba-tiba keyboard Sobat tidak berfungsi. Nah berikut ini merupakan beberapa kerusakan (keyboard error) di keyboard Sobat dan solusi dari masing-masing keyboard error tersebut.
  1. Penyebab Pertama : Connector keyboard renggang dapat menyebabkan pesan yang tampil dilayar keyboard error.... jika keyboard/connector digoyang maka kpc berjalan dengan normal kembali. tetapi ini tidak akan bertahan lama.SOLUSINYA adalah mengganjal connector keyboard terebut dengan kertas.
  2. Penyebab Kedua : kemungkinan juga terdapat pada kabel data keyboard tersebut yang putus. biasanya putus pada pangkal connector pangkal jantannya. jika sudah begini keyboard tidak akan berjalan kembali. SOLUSINYA adalah mengukur kabel data keyboard tersebut dengan menggunakan Avo meter. jika ditemukan ada kabel yang putus, maka ganti kabel tersebut dengan yang lain. atau anda dapat menyambung kembali kabel yang putus tersebut.
  3. IC Controller yang terdapat di keyboard yang befungsi mengconvert bahasa/code digit menjadi ASCI yang di informasikan ke keyboard sesuai dengan tombol yang ditekan. Jika IC ini rusak. maka keyboard akan diam seribu bahasa. SOLUSINYA adalah dengan mengganti keyboard yang lain. sebab komponen IC ini lebih mahal dari harga keyboard itu sendiri.
  4. Jika keyboard dirasakan normal dari yang disebutkan diatas. maka kemungkinan adalah putusnya sikring pada motherboard yang terletak dekat connector keyboard betina, yang bertuliskan F1/FSI/L1. yang berfungsi menghantarkan tegangan sebesar 5v menuju keyboard. jika sikring ini putus maka tegangan menuju keyboard akan terputus. SOLUSINYA adalah dengan mengganti sikring tersebut dengan yang lain dan ukurannya harus sama.
  • Beberapa Tombol keyboard tidak berfungsi.
  1. Kemungkinan kerusakan keyboard tersebut disebabkan oleh debu yang menempel pada jalur penekanan karakter. SOLUSINYA adalah membuka keyboard tersebut dan membersihkannya dengan tisu yang diberikan alkohol hingga merata pada seluruh permukaan. oh ya didalam keyboard terdapat jalur penekanan karakter yang tebuat dari lembaran tipis yang diberi jalur PCB sebagai bahan dasar. terdapat tiga buah PCB. PCB atas, PCB bawah, dan yang tengah sebagai isolator
  2. kemungkinan lain jika tombol keyboard tidak berfungsi adalah jalur penghubung antara tombol satu ketombol yang lain ada yang terputus atau socketnya ada yang longgar. jika hal ini terjadi mungkin Sobat berpikir keyboard sudah tidak dapat dipergunakan. SOLUSINYA adalah dengan mengukur jalur PCB tombol tersebut dengan menggunakan avo meter dan temukan dimana letak putusnya. Untuk menghubungkan jalur tersebut gunakan tinta emas ataupun yang lain yang bersifat logam. goreskan /oleskan ke jalur yang putus tersebut hingga dapat terhubung kembali dan tunggu hingga kering. atau Sobat bisa mengganti tinta emas tersebut dengan menggunakan sebuah pensil khusus yang digunakan untuk komputer.
  • Respon Keyboard Terlalu Cepat
  1. Pernah Tidak Sobat merasakan saat kita mengetik keyboard kita terasa terlalu cepat merespon penekanan tombol, sehingga tombol yang ditekan akan menghasilkan cetakan rangkap (berulang). sebagai contoh saat kita menekan a sekali ngga taunya malah yang keluar aa atau aaa. dengan kejadian seperti ini harus sering menekan tombol backspace. cape deh.... nah masalah ini timbul karena keyboard sudah lemah atau kotor pada tombol-tombolnya. sehingga ketika menekan tombol tidak langsung kembali ke semula dan akibatnya penekanan tombol ini akan terbaca sebagai penekanan berulang. SOLUSINYA adalah jika permasalahannya adalah kotor Sobat bisa membersihkan tombol-tombol tersebut. Jika masalahnya adalah lemahnya tombol-tombol maka Sobat bisa menggantinya dengan tombol-tombol yang lain. hal lain yang menyebabkan masalah ini adalah karena setup typematic rate pada bios. dengan periode waktu yang semakin pendek pada typematic rate ini akan menyebabkan periode pembacaan respon menjadi lebih sering. untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengubah setting pada setup bios dengan typematic rate yang lebih panjang atau set ke default.

BEBERAPA TIPS PERAWATAN KEYBOARD
  1. Bersihkan keyboard dengan cairan khusus untuk komputer setiap 1 bln hingga 3 bln sekali
  2. Kuas dan bersihkan dari debu yang menempel di sela-sela tombol dengan menggunakan vacum cleaner atau kuas yang lembut
  3. Jangan merokok di dalam ruangan komputer, sebab asap rokok dapat menyebabkan komputer menjadi kuning
  4. Jangan meletakkan benda cair dekat dengan keyboard Sobat.
  5. Biasakan menutup kembali keyboard Sobat dengan cover, untuk antisipasi dari debu yang masuk ke keyboard
  6. Jangan mencongkel tobol keyboard dengan obeng pada saat pembongkaran. sebab dapat mengakibatkan engsel pengait tombol patah
Nah Mungkin Hanya itu yang bisa saya sampaikan Sobat... Lebih dan Kurang nya Mohon Maaf.... Semoga bermanfaat dan Terima kasih atas Kunjungannya.... :D


Baca Juga yang ini Sob...:

4 komentar:

  1. keyboard pc saya jika digunakan untuk game2 tertentu seperti GTA SA dan beberpa game lainnya dipertengahan permainan mendadak tdk berfungsi,namun jika main PES6 tdk ada masalah apalagi jika sekedar browsing dan bekerja (ngetik dll) juga nggak ada masalah, Saya chek melalui control panel system jg diinfokan tdk bermasalah. Saya bingung dimana ya letak errornya??? tolong gan kalau gak keberatan tanggapannya lewat e mail saya ahfissambhak@gmail.com, makasih sebelumnya ya gan atas tanggapannya.

    BalasHapus
  2. untuk membeli pensil khusus tersebut apakah di toko komputer sudah pasti ada????

    BalasHapus
  3. iya ana bae..........

    BalasHapus
  4. Gan saya mau nanya nih, keyboard laptop saya kena tinta, jadi keyboardnya error, errornya itu jika tombol Q di tekan CAPS LOCK nya ikut ketekan juga, kalo di tekan tombol J/M maka jadi MJ. Nah saya uda ganti dengan keyboard yg baru, eh masalahnya masih sama.
    Dan touchpadnya juga tidak berfungsi sama sekali sama klik kanan klik kirinya tdk berfungsi.
    Kira2 permasalahannya dimana ya gan?
    Apa berpengaruh ke OS nya?
    Mohon pencerahannya ya gan.
    Thanx ya.

    BalasHapus

Silahkan Tulis Komentar, Kritik dan Saran Anda di Sini. Namun saya Mohon untuk tidak menggunakan komentar spam dan berkomentarlah yang sopan. Link aktif dari sumber lain yang ditulis pada kotak komentar akan saya Hapus. Terima kasih..

 
berita unik