Tips Agar Facebook aman dari hacker

Written By Hanif Aghar on Sabtu, 21 April 2012 | 12:03 AM

Hallo Sobat Blogger kali ini saya mau memberikan sedikit Tips & Trik Facebook., Yaitu Tips & Trik Agar Facebook Kita sedikit aman dari hacker. Saya katakan sedikit lebih aman karena kita tidak tahu sejauh mana kemampuan  mereka dalam mengambil alih akun Facebook kita.

Sebab Umum Akun Facebook Mudah Dibajak

Banyak kasus akun Facebook dibajak oleh orang lain. Sebenernya apa yang menjadi penyebab akun Facebook kita mudah dibajak? Menurut saya ada beberapa sebab secara umum :

1. Penggunaan password yang mudah ditebak

Meski sudah banyak yang menyarankan untuk tidak menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, membentuk suatu kata, nomor hape, tanggal jadian, nama pacar, dll, ternyata tetap masih banyak yang menggunakannya kan? Alasannya pasti mudah diingat. Selain itu penggunaan satu username satu password untuk banyak akun juga dinilai sebagai celah peretas dalam mengambil alih beberapa akun kita.
Jadi, bisa dibilang password yang mudah diingat (mudah ditebak) dengan akun yang mudah dibajak jadi sepadan sebab akibatnya.
Saran saya :
- Jangan gunakan password yang mudah ditebak.
- Jangan gunakan satu username satu password untuk banyak akun.
- Boleh satu username, tapi beda password untuk lain akun.
- Gunakan password dengan perpaduan huruf, angka, dan karakter.
- Gunakan algoritma versi kita ditiap password di lain akun. Misalnya beri karakter khusus di depan dan belakang password dan beri identitas untuk tiap akun. Contohnya begini :
  • !@fbpassword*# untuk akun facebook
  • !@gmailpassword*& untuk akun gmail
    - !@*0 = karakter khusus
    - fb/gmail = menunjukkan identitas akun
    - password = password utama yang tentunya jangan pakai yang mudah ditebak
Contoh di atas bukan hal mutlak untuk dipakai sebagai algoritma password kamu lho ya! Dengan contoh diatas, password meter menunjukkan tingkat keamanan yang bisa dibilang tinggi daripada sekedar membentuk suatu kata (kumpulan huruf) atau angka atau keduanya.

2. Tidak sepantasnya berbagi akun

Banyak kasus dimana akun Facebook kita boleh diakses oleh pacar kita atau sebaliknya. Banyak yang bilang akun berdua, atau biar gak ada yang ditutup-tutupi dan atas dasar saling percaya gak macam-macam dengan akun Facebook masing-masing, dan alasan-alasan lainnya. Tapi hal itu salah besar, bisa jadi suatu saat jadi pemicu masalah lho. Misalnya kalau tiba-tiba kalian putus, dan ada pihak yang gak terima, bisa saja pihak yang gak terima masuk akun Facebook pasangan yang mutusin pihak yang gak terima terus update status negatif yang menjelek-jelekkan yang punya akun, atau lebih ekstrem lagi mengupload foto atau video yang gak sepantasnya. Hati-hati lho! Kalau kamu sering baca berita di portal berita seperti detikcom misalnya, pasti pernah baca berita perihal permasalahan percintaan yang berujung pada mengumbar foto atau video yang gak sepantasnya di Facebook.
Kalau udah saling berbagi username dan password dengan pacar, dimana privasi kita? Tetep kita harus punya batasan-batasan privasi dimana pasangan kita gak sepantasnya mengaksesnya.

3. Jangan berikan informasi diri kita secara berlebihan

3 informasi vital adalah informasi nomor HP, alamat rumah, dan email. Kalau kamu mempunyai usaha atau sejenisnya, bolehlah dibagikan sebagai syarat kredibilitas usaha kita yang bisa dinilai nyata. Kalau kamu pengguna biasa, saya sarankan jangan.
- Nomor HP = informasi ini bisa dipakai orang yang gak bertanggung jawab dengan mengganggu kita. Kalau kamu perempuan perlu lebih waspada. Bisa-bisa ada PK yang sedang mengintai. Kasus ekstremnya, ada orang yang gak bertanggung jawab memasang nomor HP kita disitus-situs negatif !
- Alamat rumah = informasi ini bisa dijadikan sasaran tindakan kriminal! Misalnya pencurian, penguntitan, dll. Soal lokasi seperti ini, saya kurang begitu suka dengan jejaring social berbasis lokasi. Karena kalau kita sering berbagi lokasi dimana kita berada, bisa dijadikan sebagai senjata pelaku kriminal untuk membuntuti kita atau masuk ke rumah kita tanpa sepengetahuan kita gara-gara dia tau posisi kita sedang dimana.
- Email = informasi ini bisa dipakai untuk membajak akun. Terutama kalau email yang dipajang adalah email yang digunakan sebagai username untuk login di Facebook. Kalau udah tau username kan tinggal nyari password-nya kan? Selain itu email juga bisa dipakai untuk sasaran spamming.
Terkadang peretas membajak akun kita dengan menebak-nebak sesuai dengan informasi yang ada di akun kita. Hal ini terkait dengan penggunaan password yang bisa ditebak seperti tanggal lahir, dll.

4. Sang pembajak atau peretas atau hacker memang hebat

Kalau memang akun Facebook kita tetap aja masih bisa dibajak meski secara pengelolaan kita sudah cukup aman, bisa jadi sang pembajak atau hacker sangat pintar dalam hal bajak-membajak akun. Angkat tangan dah saya berhadapan dengan sang pembajak atau peretas atau the real hacker yang hebat.
====================
Biar akun Facebook kamu jadi lebih aman dari segi pengelolaan, terlepas dari masalah hacker hebat, kamu bisa buat sistem login akun Facebook kamu dengan menambahkan kode konfirmasi. Nantinya setiap kali kamu login ke akun Facebook kamu, setelah memasukkan username dan password, step berikutnya akan dimintai kode konfirmasi. Secara otomatis kamu akan mendapatkan SMS dari Facebook dengan nomor 32665 berupa informasi kode konfirmasi. Sedikit ribet sih tapi cukup amankah? Menurut saya cukup aman. Karena orang yang tau username dan password kita belum tentu bisa masuk ke akun kita kalau dia gak tau kode konfirmasi yang kita terima di HP kita. Kalau udah kayak gitu, yaudah orang yang memaksakan masuk ke akun Facebook kita yang udah dilengkapi dengan sistem login dengan kode konfirmasi hanya akan berhenti di tengah jalan di step meminta kode konfirmasi. Bahkan jika ada yang memaksakan masuk, kita akan diberikan notifikasi kalau baru saja ada yang mencoba mengakses Facebook kamu dengan memberikan informasi IP, lokasi, dan waktu saat akun Facebook kamu sedang ada yang mencoba masuk.
Selain cukup ribet, terkadang susah mengakses akun Facebook di HP (versi mobile). Kadang gagal masuk ke akun Facebook dan kembali ke menu login. Demi membuat akun Facebook saya jadi lebih aman, saya gak terlalu mempermasalahkannya. Bisa dibilang hal ini sebagai efek sampingnya.hehehehe...

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan,Terima kasih Atas kunjungan nya & Selamat Mencoba semoga Akun Anda Lebih Aman Lagi Dari HACKER...

Baca Juga yang ini Sob...:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar, Kritik dan Saran Anda di Sini. Namun saya Mohon untuk tidak menggunakan komentar spam dan berkomentarlah yang sopan. Link aktif dari sumber lain yang ditulis pada kotak komentar akan saya Hapus. Terima kasih..

 
berita unik